Yahoo! Baru Lebih Personal


Tiga tahun telah berlalu sejak terakhir kali Yahoo berubah penampilan. Demi meningkatkan persaingan dengan situs-situs pencari lain seperti Bing dan Google, Yahoo melakukan perubahan besar tahun ini.

Perubahan tersebut sudah dimulai di AS sejak 21 Juli lalu. Namun, pengguna di Indonesia pun saat ini sudah bisa mencicipinya dengan pilihan bisa kembali ke tampilan lama.

Jika dilihat sekilas, penampilan halaman muka Yahoo memang tak terlalu kentara perubahannya. Peletakan menu juga tidak jauh berbeda dengan Yahoo versi sebelumnya dengan menu berita di tengah dan menu lain di sekelilingnya.

Namun, dari segi penampilan ada beberapa hal yang diubah. Logo Yahoo yang tadinya berwarna merah cerah sekarang tampil dengan warna ungu yang sudah dijadikan tema sejumlah layanannya seperti di aplikasi mobile.

Menu yang tampil saat ini juga lebih sedikit. Selain news, menu yang ditampilkan yakni popular search yang berisi 10 kata kunci pencarian paling populer, Yahoo Travel, My Favorit, dan layanan-layanan untuk berbisnis dengan Yahoo di bagian bawah.

Personal

Perubahan paling besar adalah pada panel memanjang di bagian paling kiri. Jika sebelumnya berisi semua layanan yang dimiliki Yahoo dipajang statis, sekarang menjadi dinamis dan bisa dikustomisasi. Pengguna boleh memilih menu apa saja yang akan ditampilkan di My Favorite itu.

Bahkan tak hanya layanan Yahoo yang bisa tampil melainkan website apapun. Tinggal pilih add, isi alamat web yang akan dijadikan menu dan nama yang akan muncul lalu done. Otomatis akan muncul menu baru dengan nama yang kita inginkan.

Tak hanya layanan Yahoo yang dapat ditampilkan di menu tersebut melainkan web apapun, Facebook, Twitter, Friendster, termasuk Kompas.com. Saat Kompas.com mencoba memasukkan alamat www.kompas.com dan nama Kompas.com, tak hanya muncul menu dengan nama Kompas.com namun juga logo huruf K berwarna kuning.

Dari bar My Favorites ini, pengunjung dapat mengakses situs-situs lain yang disukai tanpa harus membuka window atau tab baru. Cukup mengarahkan kursor ke salah satu icon web yang terpampang dan update di web yang diinginkan akan langsung terpampang. Bar My Favourites ini juga memungkinkan pengguna Yahoo untuk menghubungkan account di situs pertemanan misalkan Facebook dengan Yahoo sehingga apa yang tampil di Facebook juga akan muncul di tampilan Yahoo anda.

Fitur baru kedua terdapat pada Search Toolbar. Selama ini Search Toolbar hanyalah kolom di mana anda menulis hal yang ingin dicari, tetapi sekarang Yahoo tampil beda. Yahoo menambahkan Assist Mode di search toolbar untuk memunculkan situs-situs yang mereka sarankan. Fitur ini hampir mirip dengan fitur jumlah view di Google tetapi bedanya assist mode bisa dimatikan.

Sejauh Kompas.com mencoba, tidak ada halangan berarti ketika kedua fitur tersebut digunakan. Bar My Favourites dengan cepat bisa langsung menghubungkan dengan web yang diinginkan dan menunjukkan update. Fitur Assist di Search Toolbar belum terlalu membantu, tetapi sejauh ini tidak menggangu penggunaan karena bisa dimatikan.

Secara garis besar, tidak ada begitu banyak perubahan pada Yahoo terbaru. Penampilan tidak berubah banyak, tetapi fitur baru membuat halaman Yahoo semakin personal.
Posted on 11:29 PM by Ditra (Dito) and filed under | 0 Comments »

0 komentar: