Menang Sempurna, Chelsea Juara di Amerika

DALLAS, KOMPAS.com - Chelsea menyempurnakan tur pramusimnya di Amerika Serikat setelah menuai kemenangan ketiga di turnamen World Football Challenge. Kemenangan 2-0 atas Club America itu menjadikan "The Blues" juara.

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Baru Dallas Cowboys, Senin (27/7) pagi WIB, Chelsea mencetak gol melalui Franco Di Santo dan Florent Malouda. "The Blues" yang tampil dengan dominasi pemain lapis kedua tampak menguasai permainan di awal pertandingan. Mengandalkan umpan pendek dan kecepatan, "The Pensioners" menggerayangi wilayah pertahanan lawan. Namun, usaha ini gagal membuahkan gol karena musuh langsung merespons dengan permainan defensif.

Setelah terus tertekan, Club America akhirnya bisa menciptakan peluang gol pada menit ke-21. Saat itu, memanfaatkan umpan Jean Beausejour, Enrique Esqueda mengirim bola tepat ke tengah gawang Henrique Hilario. Sayang, bola masih bisa ditepis Hilario.

Selanjutnya, kedua kubu berusaha merebut lini tengah untuk mengendalikan permainan. Aksi saling potong umpan membuat permainan kedua tim tampak semrawut.

Di tengah kebuntuan itu, Chelsea berhasil mendapatkan kesempatan membuat gol melalui bola mati pada menit ke-35. Memanfaatkan sepak pojok Malouda, Ricardo Carvalho berhasil mengirim bola tepat ke gawang kiper Armando Navarette. Sang kiper berhasil menahannya.

Kira-kira semenit setelahnya, lahir lagi peluang bagi Chelsea. Maloda lagi-lagi mengeksekusi bola mati dan mengirimkan bola kepada Salomon Kalou. Kalou menanduknya, tapi membentur tiang gawang.

Memasuki babak kedua, pelatih Chelsea, Carlo Ancelotti menarik Hilario, Sturridge, dan Sinclair, lantas memasukkan Ross Turnbull, Andriy Shenchenko, dan Franco Di Santo. Perubahan ini mengangkat daya gempur Chelsea. Mereka kembali mendominasi permainan.

Namun, sebelum peningkatan performa itu membuahkan hasil, America mampu menciptakan peluang gol melalui Esqueda pada menit ke-60. Dari pinggir kotak penalti, striker asal Meksiko itu melepaskan tendangan ke sudut kiri bawah gawang Turnbull. Gagal, Turnbull sukses menepis bola.

"The Blues" belum mengambil napas ketika gelombang serangan lawan kembali mengancam pada menit ke-62. Kali ini, Salvador Cabanas nyaris mengoyak sarang Turnbull. Untung bagi Chelsea karena tembakan Cabanas membentur mistar.

Setelah susah payah melepaskan diri dari tekanan, Chelsea akhirnya unggul pada menit ke-75 melalui Di Santo. Pemain muda usia itu berdiri di depan gawang saat umpan manis Malouda meluncur di depannya. Dengan menjulurkan kakinya, Di Santo membelokan bola ke dalam gawang.

Hanya berselang tiga menit, Chelsea menggandakan keunggulan menjadi 2-0. Kali ini giliran Malouda mendapat bola dari sodoran Di Santo yang berbelok arah setelah mengenai kaki lawan.

Dengan sisa waktu yang ada, America berusaha mengejar ketinggalan. Namun, Chelsea berhasil mematahkan serangan mereka dan skor 2-0 tak berubah sampai peluit akhir laga berbunyi.

Melalui kemenangan ini, Chelsea berada di urutan teratas turnamen tersebut dengan 12 gol (poin). America di tempat kedua dengan delapan poin, sementara dua klub Italia yakni Inter Milan dan AC Milan harus puas berada di posisi ketiga dan keempat.
Posted on 11:16 PM by Ditra (Dito) and filed under | 0 Comments »

0 komentar: