Indonesia Kejar 54 Emas SEA Games

Indonesia berharap mendapatkan 54 medali emas, 38 perak dan tiga perunggu pada ajang SEA Games Laos yang akan berlangsung pada Desember 2009

"Proyeksi raihan 54 medali agar Indonesia menempati peringkat tiga besar," kata ketua Program Atlet Andalan Sutjipto dalam acara "Rekapitulasi Proyeksi Medali SEA Games 2009" di Hotel Century Park, Senayan, Jakarta, Rabu.

Acara tersebut dihadiri juga oleh Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Mennegpora) Adhyaksa Dault, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI)/Komite Olahraga Internasional Rita Subowo dan Deputi V Menteri Koordinator Kesejahteraan (Menko Kesra) Rakyat Sugihartamto serta sejumlah atlet dan pelatih.

Sutjipto mengatakan proyeksi perolehan medali Indonesia pada ajang SEA Games 2009 tersebut dikalkulasikan berdasarkan hasil latihan dan beberapa ujicoba (try out) para atlet selama digembleng dalam pembinaan PAL yang digulirkan kemennegpora, KONI/KOI dan Menko Kesra.

Berdasarkan rekapitulasi PAL, proyeksi medali pada ajang kompetisi olahraga dua tahunan tersebut meliputi cabang atletik sebanyak 10 emas, 13 perak, satu perunggu disusul balap sepeda (6 emas/1 perak), angkat besi (5 emas/7 perak), pencak silat (5 emas), bulutangkis (5 emas), panahan (3 emas/4 perak), judo (3 emas/1 perak/1 perunggu), wushu (3 emas/1 perak), renang (2 emas/3 perak/1 perunggu), biliar (2 emas/2 perak), tenis (2 emas/1 perak), gulat (2 emas /1 perak), taekwondo (2 emas), menembak (1 emas/2 perak), tinju (1 emas/1 perak) dan tenis meja (1 emas/1 perak).

Guna meraih proyeksi medali emas, PAL mencanangkan Indonesia akan menurunkan 176 atlet pada 16 cabang olahraga pada SEA Games 2009 dan menargetkan menempati posisi tiga besar setelah Thailand dan Vietnam. "Lawan Indonesia yang harus dikalahkan untuk menempati tiga besar bukan Thailand atau Vietnam, tetapi Malaysia," kata Sutjipto seraya menambahkan proyeksi raihan medali emas Indonesia harus mencapai 15 persen dari 369 medali yang diperebutkan pada SEA Games 2009 di Laos.

Disinggung mengenai kekuatan Thailand dan Vietnam, Sutjipto menuturkan kedua negara tersebut memiliki kekuatan yang merata pada seluruh cabang olahraga sehingga Indonesia sedikit kesulitan untuk mengatasinya.

Sementara itu, Menpora Adhyaksa Dault mengatakan proyeksi menempati posisi tiga besar merupakan target yang realistis karena ada beberapa cabang olahraga yang menjadi andalan Indonesia untuk meraih medali emas, namun tidak dipertandingkan pada ajang kompetisi antar negara di Asia Tenggara tersebut, antara lain rowing, kano, anggar dan bowling."Realistis-lah menempati posisi tiga itu sangat sulit, tetapi Indonesia harus yakin dapat meraih target itu," kata Adhyaksa.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginginkan Indonesia menembus posisi tiga besar pada SEA Games Laos yang digelar sekitar enam bulan mendatang. Pada SEA Games Thailand 2007, Indonesia menempati posisi empat dengan raihan 56 emas, 64 perak dan 83 perunggu.

Setelah berhasil meraih peringkat tiga, Adhyaksa menargetkan Indonesia meraih gelar juara umum pada saat menjadi tuan rumah SEA Games 2011, dengan upaya melakukan pembinaan regenerasi atlet elit melalui PAL.
Posted on 12:05 AM by Ditra (Dito) and filed under | 0 Comments »

0 komentar: