Tips untuk Berlibur

Hari ini aku akan memberikan sedikit tips tentang berlibur. Berbicara tentang liburan, tentunya kalian pernah berlibur bukan? Nah, kalau sudah sering berlibur tapi tidak tau tips-nya, uuhh... rugi itu (eh eh).
Agar kalian nyaman saat berlibur, coba deh beberapa tips dari aku.

1.Pelajarilah sebanyak mungkin tentang tempat yang akan kalian kunjungi. Apa saja atraksi dan tempat-tempat yang menarik di sana. Dengan begitu kalian dapat menentukan prioritas tempat-tempat mana saja yang harus disambangi.
2.Pastikan bagaimana cuaca di tempat yang kita tuju. Dengan demikian, kita dapat menyesuaikan rencana perjalanan yang sesuai, misalnya menyangkut baju yang dikenakan, obat-obatan yang harus disiapkan.
3.Baik juga mencari tahu kondisi sosial politik terkini di tempat itu. Jangan sampai kita terjebak di bandara karena sabotase para demonstran (huahahah, itu mah jadi kontroversi)
4.Carilah informasi apakah kita membutuhkan paspor untuk masuk ke negara tertentu. Pastikan paspor kita masih berlaku. Beberapa negara tidak mengizinkan orang asing masuk jika masa berlaku paspornya tinggal enam bulan (jelas dunk, seperti HP yang pulsanya tinggal goceng-an). Perpanjanglah paspor kalian setidaknya enam bulan sebelum masa berlakunya habis (mungkin ya).

5.Selain paspor, pastikan apakah kita membutuhkan visa atau tidak untuk masuk ke negara tertentu.

6.Pastikan pula dokumen apa saja yang kita butuhkan selama perjalanan.

7.Carilah informasi mengenai steker yang digunakan di negara yang akan kalian kunjungi. Sejumlah negara memiliki jenis steker yang berbeda. Indonesia menggunakan steker berkaki dua, sementara di Amerika berkaki tiga. Jika kalian mengunjungi negara yang menggunakan steker berkaki tiga artinya Anda memerlukan converter.

8.Jika kalian ingin melakukan perjalanan sendiri atau tidak bergabung dalam rombongan agen wisata tertentu, carilah informasi mengenai biaya transportasi lokal setempat. Dengan begitu kita dapat merencanakan biaya perjalanan dengan baik. Jangan lupa juga untuk memastikan pungutan pajak dan kebiasaan tips di tempat itu.

9.Carilah informasi mengenai nilai kurs mata uang dari negara yang akan dikunjungi. Ini penting untuk merencanakan biaya perjalanan yang dibutuhkan.

10.Baik juga untuk mencari tahu apakah ada hari libur nasional sepanjang kunjungan kalian ke tempat itu. Sebab, biasanya sejumlah kantor layanan publik tutup pada hari libur. Jangan sampai terjadi kalian kelimpungan karena kantor layanan publik tutup sementara kalian terdesak untuk menyelesaikan suatu kepentingan di sana.

Yah, cukup itu saja tips dari aku, jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan moment-moment kita yang sangatlah spesial itu (wuah, lebay).
Kapan-kapan aku tambahkan lagi. Kalau kurang jelas, tanya. Tanya ke Orang Pariwisata (hehehe) :-)
Enjoy it...!!!
Posted on 6:36 AM by Ditra (Dito) and filed under | 0 Comments »

0 komentar: