Kesenian Jaranan Turonggo Yakso



Hmm... Kesenian Turanggo Yakso? Yap, itulah nama kesenian jaranan yang merupakan kesenian khas Kabupaten Trenggalek.Penciptaannya diilhami oleh pengalaman masyarakat setempat. Tidak seperti jaranan yang banyak terdapat di daerah lain lho, Turonggo Yakso menggunakan kuda kepang yang terbuat dari kulit sapi/kerbau dan berkepala raksasa berambut tebal. Gerak tari dan gendhing pengiringnya sangat dinamis dan energik (Trenggalek gitu).
Konon, Turonggo Yakso menggambarkan kemenangan warga desa dalam mengusir mara bahaya yang menimpa desanya (digambarkan sebagai raksasa).

Itu sedikit informasi yang kutahu tentang asal usul Jaranan Turonggo Yakso, selain unik, kesenian ini sangat diminati orang-orang khususnya dikalangan anak-anak, adapun dikalangan remaja, bahkan orang tua (sesepuh kadang-kadang juga sih).
Kita harus bangga dan menjaga keutuhan budaya kita sendiri, jangan mau budaya kita luntur dan tergantikan budaya asing. Kita bangsa yang merdeka dan kaya akan
budaya, Lestarikan budaya Indonesia. Hanya persatuan bangsalah yang membuat kebudayaan itu tetap utuh!(ckckck, hebatnya aku, hehe)
Save Our Culture!
Posted on 4:58 AM by Ditra (Dito) and filed under | 0 Comments »

0 komentar: