Perubahan Sikap Semenjak SMP

Saya ngebet banget yang namanya mau bahas tentang perubahan sikap anak-anak setelah SMP ini. Awalnya saya hanya memperhatikan tingkah laku mereka semenjak menginjak bangku SMP saja, iseng-iseng tanya ke temen-temennya apa saja sih yang mereka lakukan di luar sekolah? Ada beberapa anak yang menjawab lagi hang out sama temen barunya, ada yang sekedar nongkrong di cafe, dll.
Perubahan yang positif yang akan saya bahas untuk kali ini. Biasanya anak-anak zaman sekarang itu istilahnya "gengsi" ya sama temennya sendiri. Bahasa kasarnya malu. Si A punya ini, Si B enggak mau kalah. Coba, kalau kalian tidak mempunyai rasa gengsi pasti hidup kalian tentram banget. Rasanya bebas, tak ada tanggungan dan yang pasti banyak orang yang suka berteman dengan kalian. Mungkin kebanyakan kalian ingin menghilangkan sifat seperti itu, sulit sih. Tetapi apa salahnya mencoba terus? Gagal...
Coba lagi, berusaha lagi.
Banyak anak muda zaman sekarang yang masih duduk di bangku SMP SUDAH BIASA merokok. Astagfirullah...
padahal rokok itu tidak baik untuk kesehatan. Apalagi di usia kalian yang masih sangatlah muda. Sekali kalian mencoba, pasti ketagihan. Sebaiknya kalian hindari mengkonsumsi rokok ataupun minuman keras.
Ada anak tanya ke saya :
Teman :"Dit, coba tebak, mengapa kita di larang minum minuman keras?"
Saya :"Karna haramlah, jelas itu!"
Teman :"Salah Dit!!! Yang benar, karna minuman keras itu minumannya setan, kalau
kalau kita minum minumannya setan, setan mau minum apa coba."

Sebenarnya masuk akal juga sih, tetapi ambil sisi positifnya sajalah kawan.
Selanjutnya, mengenai anak-anak SMA yang lagi merayakan kelulusan ini. Sebaiknya jangan coret-coret seragamnya deh, kan seragamnya bisa di sumbangkan ke anak yang kurang mampu. Coret-coret itu kan juga memerlukan biaya.Apalagi kalau ada konvoi segala. Bikin rame jalan. Itu kan di larang sama polisi, masih juga di langgar. So, udah rugi biaya, waktu, amal, di cela orang-orang, dll. Kan masih bisa mengapresiasikan dengan melakukan hal yang bijak. Untuk kakak-kakak kelas saya yang baru lulus. Selamat ya! Semoga kalian bisa meneruskan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi dan bisa meraih prestasi serta cita-cita kalian!

Kembali lagi dengan topik kita tadi, menurutku perubahan sikap seseorang dari SD menuju SMP itu terbilang cukup besar. Mengapa? Karna mereka sudah mulai berfikir kritis, memikirkan tentang dirinya sendiri agar bisa di terima di kalangan orang dewasa. Walau kalian itu seorang kutu buku, seorang mata empat, seorang pemalu, buanglah rasa gengsi kalian dari dalam diri kalian masing-masing. Rugi lho...
So, ini saatnya kalian harus bangkit dari rasa gengsi. Teruslah berkreasi, dan janganlah pernah berhenti untuk mencoba hal yang baru (positif).
Posted on 9:20 PM by Ditra (Dito) and filed under | 2 Comments »

2 komentar:

Unknown mengatakan... @ Minggu, Mei 02, 2010 1:09:00 AM

Walah, kalo dulu SMP... :)) Sepertinya dulu ya, masa SMP tu paling indah buat saya, dibanding masa SMA

nggak perlu mikir mau kuliah dimana, sinau ra sinau karepmu, temen2 masih murni nggak pake cinta2an :))

eh tapi ya, kalo soal rokok sama miras, di jakarta emang jadi makanan pokok mereka yang mencari identitas. Identitas lho, biar diterima di pertemanan dan nggak dipalakin. Parah bener cara berpikirnya.. :(

Ditra (Dito) mengatakan... @ Minggu, Mei 02, 2010 1:33:00 AM

Iya, seharusnya masa SMP itu menjadi masa yang indah..

Tapi kalo aku pribadi sekarang udah mikirin sekolah yang lebih tinggi.hehe, walau kadang hanya sekedar memikirkan saja..

Iya, kebanyakan anak juga mengkonsumsi rokok dan miras untuk identitas mereka dan reputasi. Gimana mau berkembang siswa-siswi Indonesia jika pemikirannya seperti ini?